Tragedi Penjarahan Mall Klender 1998

source : okezone

Tahun 1998 mungkin merupakan tahun yang tidak akan dilupakan oleh sebagian orang yang dimana krisis moneter terjadi hampir di seluruh wilayah Asia Timur dan sangat berdampak besar bagi ekonomi masyarat, salah satunya Indonesia yang mengalami nilai rupiah yang anjlok, hutang negara yang membengkak, krisis kepercayaan hingga maraknya penjarahan.

Salah satu penjarahan yang terjadi pada zaman itu terjadi di Yogya Plaza Klender atau dikenal dengan Mall Klender, penjarahan ini menelan banyak korban jiwa dan kerugian yang sangat besar. Kali saya mau share beberapa hal saat penjarahan terjadi, langsung aja ini dia.

Kronologi Tragedi Mall Klender

Pada tanggal 15 Mei 1998 tragedi besar terjadi di Jakarta, hal ini disebabkan oleh krisis moneter besar-besaran yang terjadi di wilayah Asia Timur yang menyebabkan banyaknya penjarahan salah satunya di Mall Klender.

Aksi penjarahan terjadi diduga karena adanya provokasi dari sekelompok pria yang tidak dikenal hingga membuat masyarakat melakukan penjarahan, saat sedang melakukan aksi penjarahan pada Mall Klender orang-orang dikejutkan dengan munculnya asap tebal yang berasal dari kebakaran di Mall Klender.

Api disulut oleh sekelompok pria berbadan kekar yang turun dari mobil membawa jerigen berisi bensin yang kemudian disiram ke tumpukan kasur dan pakaian yang telah dikumpulkan kemudian membakarnya. 

Semakin membesar api pun kemudian dengan cepat merambat dan membakar seluruh penjuru gedung mall yang membuat orang-orang terjebak di dalam mall kemudian setelah api padam banyak ditemukan mayat-mayat yang sudah hangus terbakar, korban tewas tercatat ada 488 korban jiwa.

Pengakuan dari saksi

Seorang warga mengungkapkan "Banyak yang loncat dari atas jendela, para warga pun banyak yang ikut ngebantu pake kasur dan sprei buat nangkep yang locat dari atas. Tapi sayangnya banyak yang nggak selamat karena pingsat di dalam dan kebakar."

"Sedih kalau di ingat-ingat saya juga nggak kuat liatnya, kita yang masih selamat cuma bisa ngucap syukur ke Tuhan nggak kebayang kalau saya juga ikut jadi korban kebakaran." sambungnya.

Beberapa kejadian mistis setelah tragedi

Setelah tragedi nahas itu, banyak orang yang mengaku mengalami kejadian mistis saat berada di area mall tersebut.

Salah satunya kesaksian seorang yang melihat sosok arwah yang diduga korban dari tragedi tersebut dengan wujud yang tidak beraturan, wajah yang hacur dan tubuh yang melepuh. Sosok tersebut dijumpainya area elevator dan toilet.

Selain itu beberapa pemilik toko di mall tersebut kerap didatangi sosok perempuan bergaun putih yang kerap "membeli" selepas maghrib, wanita itu terlihat berantakan menggunakan pakaian yang usang dan robek. Beberapa orang mengatakan sosok perempuan itu datang dan kemudian pergi begitu saja.

Yang terakhir mengenai suara tangisan dan rintihan meminta tolong yang sudah tersebar luas, banyak yang mengaku sering mendengar suara tangisan di area basement, lift dan lantai tiga. 

Mall Klender sekarang

Mall Klender pun mulai bangkit dari keterpurukan dan masa kelamnya, hingga kini menjadi Citra Plaza Klender yang kini dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan yang ramai dan lengkap dengan berbagai tenant seperti departement store, supermarket hingga bioskop.


***

Source : Wikipedia, merdeka.com, gpriority.co.id
Posted by : Agus Sukmana

Posting Komentar

0 Komentar