Mengenal Lebih Dalam Hutan Bunuh Diri Di Jepang (Hutan Aokigahara)



Pada kesempatan kali ini Kuromin mau bahas tentang sebuah tempat yang cukup populer di Jepang, tempat yang terkenal bukan karena ada wahana seru didalamnya melainkan karena banyaknya kasus bunuh diri yang dilakukan pada tempat tersebut.

Disarankan untuk bijak dalam membaca dan menelaah hal-hal yang berada dalam postingan ini ya. 

Terima kasih.

Apa itu Hutan Aokigahara?

Hutan Aokigahara memiliki luas mencapai 35 km² yang terletak di Prefektur Yamanashi, Jepang. Berletak di sebelah Barat Laut Gunung Fuji, sekitar 110 km dari pusat kota Tokyo dan bisa ditempuh dalam waktu dua jam. 

Aokigahara dikenal sebagai "lautan pohon gunung fuji" atau "hutan lautan pohon" karena suara gemericik pada rantingnya, hutan ini sendiri terbuat dari letusan besar pada Gunung Fuji yang terjadi pada tahun 864 Masehi.

Ketika memasuki hutan akan ada banyak tanda larangan bunuh diri serta terdapat beberapa papan penanda yang berisikan motivasi seperti "Hidupmu adalah anugerah yang berharga bagi orangtuamu" atau "Pikirkan tentang istri, anak dan keluargamu".


Dikenal sebagai tempat bunuh diri

source : Tribun

Aokigahara merupakan tempat yang sepi dan tenang yang dikelilingi oleh banyak pohon yang menjulang tinggi, tak heran beberapa orang beranggapan kalau tempat ini cocok untuk dijadikan tempat peristirahatan terakhir karena tidak ada gangguan untuk melakukan bunuh diri.

Hutan Aokigahara sendiri terkenal sebagai tempat bunuh diri sejak tahun 1950. Ahli spiritual di Jepang meyakini jiwa pelaku bunuh diri telah merasuki pohon-pohon di hutan tersebut, mereka percaya hal itu yang menyebabkan orang-orang terjebak di hutan dan memilih untuk mengakhiri hidup.

Menurut cerita warga yang beredar ada sosok penunggu hutan yang bernama Yurei, yakni hantu yang dikenal sebagai sosok yang meninggal dalam perasaan benci, amarah dan dendam yang mendalam yang membuat jiwa Yurei tidak tenang dan bergentayangan di dunia. Sosok Yurei digambarkan dalam sosok wanita yang sangat pucat berbaju putih dan berambut panjang.

Banyak tenda, peralatan camping dan benda-benda kenangan peninggalan orang-orang yang melakukan bunuh diri di hutan tersebut. Selain itu, banyak juga mayat-mayat yang ditemukan tergantung diatas pohon dan juga mayat yang meninggal karena overdosis.


Angka bunuh diri di Jepang

source : IDN Times

Kepopuleran Hutan Aokigahara sebagai tempat bunuh diri sudah mendunia, bahkan pemerintah Jepang sengaja menutupi angka kematian yang terjadi di hutan tersebut demi menekan kenaikan kasus bunuh diri di hutan tersebut.

Diketahui dari tahun 1988 telah tercatat lebih dari 100 kematian yang terjadi di Hutan Aokigahara. Ada banyak kamera pengawas serta patroli rutin yang dilakukan oleh pengelola hutan yang bertujuan untuk menyelamatnya nyawa.

Warga sekitar khawatir dengan image Hutan Aokigahara yang tidak baik, hal ini diperparah dengan munculnya beberapa novel dan film terkait dengan kasus yang terjadi di hutan tersebut.

Angka bunuh diri di Jepang sendiri cukup tinggi terutama untuk pria dengan rentang usia 20-44 tahun, Kementrian Kesehatan dan Kesejahteraan Jepang mengatakan 21.881 orang bunuh diri pada tahun 2022. 

Beberapa faktor yang mempengaruhi tingginya angka bunuh diri di Jepang yakni tekanan pekerjaan yang membuat stress, isolasi sosial, tekanan ekonomi serta stigma sosial tentang bunuh diri.


Hutan Aokigahara sebagai tempat wisata

Terlepas dari semua hal yang melekat dari hutan ini, sebenarnya Hutan Aokigahara merupakan hutan yang indah dengan banyaknya pohon yang menjulang tinggi berusia ratusan tahun. Hutan ini juga memiliki goa yang terbentuk dari es.

Selain itu tempat ini juga merupakan kawasan wisata yang cocok untuk orang yang sengaja menjauh dari kebisingan kota dan mencari ketenangan tetapi harus tetap mengikuti jalur yang telah ditentukan oleh pengelola karena rimbunnya pohon bisa membuat pengunjung tersesat.

***

Menurut Kuromin ini tempat yang bagus untuk dikunjungi sebagai objek wisata, dan benar tempat ini sangat cocok buat kamu yang suka cari ketenangan. Dan bagaimanapun bunuh diri itu perbuatan yang salah ya gengs.

Kalau kamu ada niat untuk bunuh diri segera mungkin cari orang atau ahli profesional yang mampu untuk mengatasinya, karena sesungguhnya ada banyak orang yang sayang dan peduli sama kamu.


Source : Komunal (Youtube), Liputan6.com, Wikipedia
Post by : Agus Sukmana

Posting Komentar

0 Komentar