Misteri Rumah Hantu Darmo Surabaya

gambar hanya ilustrasi

Kisah rumah hantu Darmo merupakan salah satu urban legend yang cukup populer di Indonesia, rumah ini berlokasi di Jalan Puncak Permai II Nomor 26, Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Rumah dengan konsep yang megah ini sudah kosong dari tahun 1988 dan menyimpan kisah mistis yang tragis dibaliknya.

Konon rumah mewah itu dihuni oleh satu keluarga yang melakukan pesugihan, keluarga ini diduga sering memberi pesugihan yang berupa tumbal dengan nyawa manusia. Namun suatu hari keluarga ini memberi tumbal yang berbeda, mereka menggantinya dengan tumbal hewan dan disinilah awal petaka dimulai.

Suatu hari mereka sekeluarga dikabarkan meninggal dunia karena tenggelam karena kapal yang ditumpanginya karam dan jazad dari keluarga Darmo tidak ditemukan hingga sekarang, ada beberapa versi cerita tentang meninggalnya keluarga tersebut.

Versi pertama, menurut kesaksian security komplek keluarga Darmo mereka sekeluarga meniggal karena kapal yang ditumpanginya tenggelam di Selat Bali saat sedang berlibur.

Ada pula sebuah pohon besar yang berada didepan rumah mewah itu yang tidak bisa ditebang ketika sedang ada proses pembangunan dan harus dibantu oleh seorang kyai dari banyuwangi agar bisa ditebang.

Sementara itu ada dua orang anggota keluarga yang tidak ikut melakukan wisata, kedua orang itu kemudian tinggal dirumah mewah tersebut sambai akhirnya meninggal beberapa tahun kemudian.

Dalam versi lainnya, keluarga Darmo mencoba kabur dari rumah itu untuk menghilangkan kutukan yang mengutuk keluarga mereka namun sayangnya percobaan kabur itu gagal dan mereka sekeluarga tewas tenggelam di kapal pribadi milik keluarga itu

Diceritakan juga bahwa dua orang yang selamat yang tidak ikut merupakan seorang bayi dan pembantu rumah mewah tersebut, konon bayi itu tumbuh dewasa dan selalu mengunjungi rumah mewah itu setiap malam Jumat Kliwon.

Ia sama sekali tidak turun dari mobil, hanya duduk dan menatap rumah itu dari kejauhan dan ia menyuruh penjaga komplek rumah tersebut untuk menabur bunga di sekeliling rumah itu.

Dan dari cerita ini masyarakat meyakini bahwa seluruh anggota keluarga itu mendapat kutukan bahkan pada tahun 1997 rumah mewah itu terbakar hebat sampai tidak menyisakan apapun, alasan dari penyebab kebakaran itu sendiri tidak diketahui.

Kepopuleran kisah ini kemudian diangkat ke layar lebar dengan judul "Malam Satu Suro Rumah Hantu Darmo" yang dirilis pada awal tahun 2014.


***

Source : Liputan6.com, Beritajatim.com
Posted by : Agus Sukmana

Posting Komentar

0 Komentar