Tragedi Kapal Selam Wisata Titanic (OceanGate)

source : Liputan6.com


Beberapa waktu lalu dunia dikejutkan dengan beredarnya kabar bahwa kapal selam wisata Titanic hilang kontak setelah melakukan penyelaman selama 1 jam 45 menit di Samudera Pasifik.

Bagaimana kronologi kapal selam OceanGate atau kapal selam Titan bisa hilang kontak, berikut Kuromin akan membuat rangkuman singkat mengenai tragedi yang menimpa kapal selam wisata Titanic, OceanGate.

Apa itu OceanGate?

Sebelum masuk ke kronologinya, saya mau bahas sedikit tentang kapal selam ini.

Kapal selam wisata ini dioperasikan oleh OceanGate Expedition dengan misi menjelajahi bangkai kapal Titanic yang tenggelam sejak tahun 1912. 

Untuk mengikuti misi ini, peserta harus merogoh kocek sekitar USD$ 250 ribu atau sekitar Rp. 3,75 Miliar selain itu peserta wajib menandatangani perjanjian yang sangat tebal yang menyatakan bahwa kapal Titan tersebut belum memiliki kualifikasi dan sertifikasi dari pihak berwajib.

Saat menyelam OceanGate akan mengelilingi bangkai kapal Titanic yang bisa disaksikan melalui kaca jendela kecil dan monitor yang terpasang di dalam kepal selama 20 menit lalu kemudian kembali naik ke daratan.

Kapal selam Titan OceanGate sendiri merupakan kapal selam submersible yang memiliki jangkauan yang terbatas dan memerlukan kapal induk untuk bisa diluncurkan, kembali dan untuk dukungan komunikasi.

Panjang dari kapal selam Titan tersebut ialah 6,7 meter dengan lebar kapal 2,6 meter dan tinggi 2,5 meter, memiliki berat sekitar 10.423 kg. OceanGate juga telah melakukan 50 kali uji penyelaman.

Kapal selam ini dirancang untuk mengangkut lima orang dan mampu menyelam hingga kedalaman 4000 meter sama seperti posisi tenggelamnya kapal Titanic.

Kronologi OceanGate

Jumat, 16 Juni 2023
Kapal selam Titan berangkat menuju lokasi bangkai kapal Titanic dengan kapal pendukung Polar Prince.

Minggu, 18 Juni 2023
Kapal selam Titan diluncurkan dari kapal pendukung dengan lima orang penumpang didalamnya, sementara kapal pendukung tetap berada dipermukaan laut.

09.00 - Kapal menyelam

11.47 - Komunikasi terakhir dengan kapal pendukung Polar Prince.

18.10 - Kapal yang diharapkan kembali muncul ke permukaan tetapi tak terlihat

18.35 - Pihak berwenang diberi tahu soal hilang kontak kapal selam Titan dan langsung mengadakan operasi penyelamatan.

Saat melakukan pencarian, terdengar suara dentuman setiap 30 menit disekitar area.

Selasa, 20 Juni 2023
Masih terdengar suara dentuman setelah perangkat sonar (alat pendeteksi objek bawah air) dikerahkan.

Hingga sore hari suara dentuman masih terdengar setelah empat jam, di malam hari suara dentuman terdengar lebih banyak di sekitar area pencarian, dan setelah diselidiki kru penyelamat tidak menemukan apapun alias nihil.

Rabu, 21 Juni 2023
Diperkirakan cadangan oksigen semakin menipis, pada awalnya diperkirakan kapal selam Titan memiliki sekitar 70-96 jam kadar oksigen yang tersedia.

Namun pejabat pantai Amerika Serikat menyatakan bahwa oksigen yang tersedia hanya sekitar 40 jam kedepan terhitung sejak kapal hilang kontak.

Kamis, 22 Juni 2023
Coast guard Amerika Serikat memperkirakan oksigen dalam kapal selam akan habis sekitar kamis sore waktu setempat.

Tim SAR menemukan puing-puing yang diidentifikasi milik kapal selam Titan yang berjarak sekitar 200 meter dari bangkai kapal Titanic. Tak lama setelah penemuan tersebut pihak OceanGate menyatakan bahwa seluruh penumpang tewas.

John Muger selaku Komandan distrik Coast Guard Amerika Serikat menduga bahwa kapal meledak di bawah air namun ia belum mengetahui waktu pasti dari ledakan besar tersebut.


Para korban kapal selam Titan OceanGate

source : tribuntravel

Tercatat lima orang yang mengikuti tur kapal wisata tersebut yakni :

  1. Shahzada Dawood
    Pengusaha Inggris asal Pakistan berusia 48 tahun. 

  2. Sulaiman Dawood
    Sulaiman adalah putra dari Shahzada Dawood yang berusia 19 tahun.

  3. Paul-Henry Nargeolet
    Paul-Henry Nargeolet berusia 77 tahun, ia merupakan mantan penyelam angkatan laut Perancis.

  4. Hamish Hardig
    Seorang pengusaha dan penjelajah dunia asal Inggris berusia 58 tahun.

  5. Stockton Rush
    Kepala eksekutif OceanGate berusia 61 tahun.


Source : Nessie Judge (Youtube), CNN Indonesia, Pramborsfm
Posted by : Agus Sukmana

Posting Komentar

0 Komentar